Ikuti Ujian Praktik PAI, Siswa SMK PK Mekanika Praktikkan Penyembelihan Hewan Secara Islami

By Redaksi 08 Mar 2024, 17:10:57 WIB Kegiatan Akademik
Ikuti Ujian Praktik PAI, Siswa SMK PK Mekanika Praktikkan Penyembelihan Hewan Secara Islami

Gambar : Peserta ujian sedang mempraktikkan penyembelihan hewan dengan dibimbing Bapak Hasbi (kemeja oranye)


Buntet Pesantren (8/3) - SMK PK Mekanika Buntet Pesantren menggelar ujian praktik Penyembelihan Hewan dalam rangkaian ujian praktik Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas XII. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 4 hingga 7 Maret 2024 dan diawasi serta dibimbing oleh guru PAI SMK PK Mekanika Buntet Pesantren, Bapak Mohammad Hasbi, S.Pd.I.

Ujian praktik ini menjadi bagian penting dalam kurikulum PAI di SMK PK Mekanika Buntet Pesantren, bertujuan untuk melatih keterampilan praktis siswa dalam penyembelihan hewan sesuai dengan tata cara Islam. Dengan demikian, para siswa dapat memahami dan menjalankan prosedur penyembelihan yang sesuai dengan ajaran agama Islam.

Bapak Mohammad Hasbi, S.Pd.I., guru PAI yang memimpin kegiatan ini, menyatakan bahwa tujuan utama dari ujian praktik ini adalah melibatkan siswa secara langsung dalam kegiatan praktis yang relevan dengan ajaran Islam. "Kami ingin siswa tidak hanya memahami teori, tetapi juga mampu mengaplikasikan ajaran-ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam hal penyembelihan hewan," ujar Bapak Hasbi.

Siswa kelas XII yang mengikuti ujian praktik ini terlihat antusias dan serius dalam menjalani setiap tahapan penyembelihan hewan. Mereka diberikan panduan oleh guru pembimbing, serta diawasi ketat untuk memastikan bahwa setiap langkah sesuai dengan norma dan tata cara Islam.

Selain aspek teknis penyembelihan, ujian praktik PAI ini juga menilai pemahaman siswa tentang nilai-nilai keagamaan dan etika dalam proses penyembelihan hewan. Hal ini sejalan dengan pendekatan holistik dalam pendidikan agama Islam di SMK PK Mekanika Buntet Pesantren.

Kepala Sekolah SMK PK Mekanika Buntet Pesantren, Bapak M. Luthfi Yusuf NZ, MA mengapresiasi partisipasi siswa dan dedikasi guru dalam melaksanakan kegiatan ujian praktik ini. "Kami yakin bahwa dengan pengalaman praktis ini, siswa tidak hanya menjadi terampil dalam penyembelihan hewan, tetapi juga terbentuk karakter Islami yang kuat," ungkapnya.

Ujian praktik penyembelihan hewan ini tidak hanya memberikan penilaian terhadap keterampilan praktis siswa, tetapi juga menjadi wujud nyata dari pendidikan Islam yang holistik di SMK PK Mekanika Buntet Pesantren, di mana spiritualitas, etika, dan keterampilan praktis menjadi bagian integral dari pembentukan karakter siswa.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment