Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL)

By OPS SMK MEKANIKA 09 Jul 2020, 12:06:50 WIB

 

Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL)

Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) secara umum memberikan keterampilan kepada peserta didik untuk mengelola dan melakukan pencatatan keuangan secara manual maupun komputerisasi, dan membekali peserta dengan keterampilan akuntansi, mengelola transaksi keuangan, pajak dan membentuk siswa yang bersikap mandiri dan berkarakter sehingga lulusannya dapat menjadi staff accounting yang handal.

Tujuan:

1. Memiliki kemampuan menyusun laporan keuangan dan kemampuan mengoperasikan aplikasi komputer akuntansi untuk penyusunan laporan keuangan untuk bekerja di usaha bisnis dan/atau manajemen.

2. Memiliki kemampuan mengelola keuangan dan menganalisis data keuangan, untuk bekerja di usaha dan manajemen baik dengan sistem manual maupun otomatisasi.

Dasar Program Kompetensi Keahlian:

1. Memahami ilmu administrasi umum.

2. Memahami akuntansi perusahaan jasa, perusahaan dagang, dan manufaktur.

3. Memahami perpajakan.

4. Komunikasi dan etika profesi.

5. Mengenal uang dan lembaga keuangan.

6. Akuntansi perbankan.

7. Penyelenggaraan bank mini (business center).

Peluang Kerja:

Tamatan atau lulusan Kompetensi Akuntansi dan Keuangan Lembaga ini memiliki bidang pekerjaan yang dapat dilakukan adalah:

  1. Pegawai Negeri Sipil
  2. Staff Keuangan Perusahaan
  3. Staff Akunting Perusahaan (book keeper)
  4. Staff Kantor Akuntan Publik

DU/DI:

Bank Artha Graha Internasional